Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
About me | Kontak | Profile | Event | Donasi | Sitemap

BerryBenka

Powered by Blogger.

Archive

Home » » 15 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Wanita

15 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Wanita

Wanita biasanya cenderung lebih waspada dibandingkan pria tentang mendapatkan pemeriksaan kesehatan menurut studi dan para ahli.Umumnya wanita bersedia melakukan pemeriksaaan jika mendapati gejala penyakit yang mengkhawatirkan

Namun hal ini tidak selalu berjalan demikian.Wanita yang lebih muda cenderung mengabaikan gejala-gejala yang bisa menunjukkan adanya kanker. Mereka berpikir bahwa kanker adalah masalah penyakit yang terjadi pada orang tua. Walaupun hal ini benar, tapi sekarang banyak orang-orang muda terkena kanker juga.

Karena pengabaian ini akibatnya kanker seringkali terdeteksi setelah memasuki stadium lanjut sehingga kemungkin proses penyembuhannya pun semakin kecil karena tidak ditanggulangi sejak awal. Berikut adalah 15 gejala kanker yang diabaikan wanita.

1. Penurunan Berat Badan secara Drastis
Banyak wanita akan senang menurunkan berat badan tanpa berusaha. Tapi penurunan berat badan tiba-tiba dan tidak bisa dijelaskan misalnya 10 kilogram dalam sebulan tanpa olahraga atau penurunan asupan makanan, perlu dicurigai penurunan berat badan secara dratis dan tiba-tiba adalah salah satu gejala kanker kecuali jika bisa terbukti tidak,misalnya kondisi lain seperti hiper tiroid
  
2. Kembung
Kembung adalah keadaan yang umum dialami banyak wanita dan seringkali diabaikan karena sudah terbiasa. Tapi kembung bisa menunjukkan adanya kanker ovarium. Gejala lain kanker ovarium meliputi nyeri perut atau nyeri panggul, merasa cepat penuh bahkan ketika Anda belum makan banyak dan masalah kencing, seperti memiliki kebutuhan mendesak untuk pergi ke kamar mandi. Jika kembung terjadi hampir setiap hari dan berlangsung selama lebih dari beberapa minggu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk meneliti secara cermat dan melakukan CT scan dan tes darah.
 
3. Perubahan Payudara
Kebanyakan wanita tahu payudara mereka dengan baik, bahkan jika mereka tidak melakukan pemeriksaan payudara sendiri secara rutin dan tahu harus waspada terhadap benjolan. Tapi hal itu bukanlah satu-satunya gejala yang bisa menunjukkan adanya kanker. Kemerahan dan penebalan kulit pada payudara yang memang sangat jarang terlihat namun merupakan bentuk agresif dari kanker payudara dan inflamasi kanker payudara. Jika Anda memiliki ruam yang bertahan selama beberapa minggu, segeralah konsultasikan ke dokter untuk dievaluasi. Demikian juga, jika melihat dari perubahan puting, atau jika Anda melihat cairan (dan Anda tidak sedang menyusui). Jika Anda memiliki perubahan payudara, konsultasi dengan dokter Anda untuk mengambil tes secara cermat, memeriksa payudara, dan tes urutan seperti mammogram, ultrasound, MRI, dan mungkin biopsi.
  
4. Pendarahan Diluar Masa Menstruasi
Wanita pramenopause cenderung mengabaikan perdarahan diluar masa menstruasi Mereka juga cenderung mengabaikan dan keliru berpikir itu adalah dari menstruasi. Tapi bila perdarahan diantara periode menstruasi, terutama jika Anda biasanya teratur mendapatkan menstruasi, lakukan pemeriksaan secara menyeluruh karena bisa menjadi gejala kanker endometrium. Kanker endometrium adalah kanker ginekologi yang umum, Setidaknya tiga perempat yang mengalaminya memiliki beberapa perdarahan abnormal sebagai tanda awal. Dokter akan mengambil tes, tergantung pada waktu pendarahan dan gejala lain, mungkin memerintahkan USG atau biopsi.
  
5. Perubahan Kulit
Sebagian besar dari kita mencari tahu setiap perubahan pada tahi lalat yang merupakan tanda terkenal kanker kulit. Tapi kita juga harus memperhatikan perubahan pigmentasi kulit. Jika Anda tiba-tiba mendapatkan perdarahan pada kulit atau lebam, yang harus diperiksa. Sulit untuk mengatakan berapa lama untuk mengamati perubahan kulit sebelum Anda pergi ke dokter, tapi kebanyakan ahli mengatakan tidak lebih dari beberapa minggu.
  
6. Kesulitan Menelan
 Jika Anda memiliki kesulitan menelan, Anda mungkin harus merubah makanan Anda sehingga mengunyah tidak begitu sulit, mungkin beralih ke sup atau makanan cair seperti protein shake. Tetapi kesulitan itu bisa menjadi tanda kanker seperti di kerongkongan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk membuat catatan yang cermat dan tes urutan seperti sinar-X dada atau ujian dari saluran pencernaan.
  
7. Darah di Tempat yang Salah
Jika Anda melihat darah dalam urin atau tinja Anda, jangan menganggap itu karena wasir. Ini bisa menjadi kanker usus besar. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengajukan pertanyaan dan mungkin pengujian urutan seperti kolonoskopi, tes usus besar untuk mencari kanker. Melihat darah di toilet sebenarnya mungkin dari vagina jika seorang wanita sedang menstruasi,  Tapi jika tidak, maka harus diperiksa untuk kemungkinan adanya kanker di kandung kemih atau kanker ginjal. Batuk darah harus dievaluasi, juga. Jika itu terjadi lebih dari sekali, pergi ke dokter Anda.
  
8. Nyeri perut dan Depresi
Setiap wanita yang punya rasa sakit di perut dan merasa tertekan membutuhkan pemeriksaan. Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara depresi dan kanker pankreas, tapi koneksinya kurang dipahami.
  
9. Gangguan Pencernaan
Perempuan yang pernah hamil mungkin ingat gangguan pencernaan yang terjadi saat mereka menambah berat badan. Tetapi gangguan pencernaan tanpa alasan yang jelas mungkin menjadi perhatian. Ini bisa menjadi petunjuk awal untuk kanker, lambung tenggorokan kerongkongan. Konsultasikan dokter Anda untuk meneliti dengan cermat dan mengajukan pertanyaan tentang pencernaan sebelum memutuskan tes.
  
10. Perubahan Mulut
Perokok harus waspada terutama untuk setiap bercak putih di dalam mulut atau bintik-bintik putih di lidah. Keduanya dapat menunjuk pada sebuah kondisi prakanker yang disebut leukoplakia yang bisa berkembang menjadi kanker mulut. Mintalah dokter gigi atau dokter untuk melihat dan memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya.
  
11. Nyeri
Sebagai orang usia lanjut mereka tampaknya lebih banyak mengeluh tentang sakit dan berbagai nyeri, tapi rasa sakit, seperti samar-samar karena mungkin, juga bisa menjadi gejala awal dari beberapa kanker, meskipun kebanyakan keluhan nyeri bukan berasal dari kanker. Nyeri yang berlangsung terus-menerus harus diperiksa. Konsultasikan dokter Anda dan berdasarkan informasi yang memutuskan pengujian lebih lanjut, jika ada, dan diperlukan.
  
12. Perubahan dalam Kelenjar Getah Bening
Jika Anda melihat benjolan atau pembengkakan pada kelenjar getah bening di bawah ketiak atau di leher Anda atau di mana pun itu bisa mengkhawatirkan. Jika Anda memiliki kelenjar getah bening yang akan semakin besar, dan telah lebih dari sebulan, lebih baik bila Anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter Anda akan memeriksa Anda dan mencari tahu masalah apapun terkait (seperti infeksi) yang bisa menjelaskan pembesaran kelenjar getah bening.Jika tidak ada, dokter Anda biasanya akan melakukan biopsi.
  
13. Demam
Jika Anda mengalami demam yang tidak jelas oleh influenza atau infeksi lainnya, hal itu bisa menunjukkan adanya kanker. Demam lebih sering terjadi setelah kanker telah menyebar dari sumber aslinya, tetapi juga dapat menunjukkan kanker darah awal seperti leukemia atau limfoma.Gejala kanker lainnya dapat termasuk penyakit kuning, atau perubahan warna tinja Anda. Instruksikan dokter Anda untuk melakukan pemeriksaan fisik dengan cermat dan mengambil riwayat medis, dan kemudian memesan tes seperti sinar-X dada, CT scan, MRI, atau tes lainnya, tergantung pada temuan.
  
14. Kelelahan
Kelelahan adalah gejala lain yang jelas bisa menunjukkan adanya kanker serta sejumlah masalah lain. Hal ini dapat terjadi setelah kanker telah berkembang, tetapi juga dapat terjadi pada awal kanker tertentu, seperti leukemia atau dengan beberapa kanker usus atau perut
  
15. Batuk Berkepanjangan
Batuk seringkali muncul bersamaan dengan pilek, flu, alergi, dan kadang-kadang merupakan efek samping obat. Tapi batuk yang sangat berkepanjangan atau didefinisikan sebagai batuk yang berlangsung lebih dari tiga atau empat minggu tidak boleh diabaikan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk meneliti cermat, memeriksa tenggorokan Anda, periksa fungsi paru-paru Anda dan mungkin untuk X-ray, terutama jika Anda seorang perokok.

Dengan mengetahui 15 gejala kanker tersebut diharapkan deteksi kanker sejak dini bisa segera dilakukan dan memperbesar kesempatan penyembuhannya.

No Responses to "15 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Wanita"

Poskan Komentar