Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
About me | Kontak | Profile | Event | Donasi | Sitemap

BerryBenka

Home » » Profil dan Biodata Lana Del Rey

Profil dan Biodata Lana Del Rey

Elizabeth Woolridge Grant (lahir 21 Juni 1986; umur 28 tahun), lebih dikenal dengan nama Lana Del Rey, adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu asal Amerika Serikat. Del Rey mulai menulis lagu saat ia berumur 18 tahun dan menandatangani kontrak rekaman pertamanya saat berumur 22 tahun dengan 5 Point Records pada tahun 2007, merilis album digital pertamanya yang bertajuk Lana Del Rey a.k.a. Lizzy Grant pada bulan Januari 2010. Del Rey menandatangani kontrak dengan label Interscope Records, Polydor, dan Stranger pada Juli 2011. Setelah merilis singel "Video Games" yang menjadi debutnya pada Juni 2011, video klip untuk lagu tersebut yang ternyata dibuat oleh Lana Del Rey dirilis di YouTube pada bulan Agustus 2011. Setelah lagu tersebut telah dilihat oleh 20 juta pengguna YouTube, album keduanya, "Born to Die", dirilis pada Januari 2012. Album tersebut terjual lebih dari 5 juta kopi di seluruh dunia dan menjadi album dengan penjualan terbaik nomor 5 pada tahun 2012. Pengakuan sebagai musisi dan sinematografi makin diperkuat dengan penghargaan-penghargaan yang diterimanya seperti "Best New Thing" oleh Q Award, "Woman of the Year" oleh GQ Award, "International Breakthrough Act" oleh BRIT Award, dan "Best Alternative Act" oleh EMA Award.

Musik Lana Del Rey telah ditandai dengan suara sinematiknya dan sumber dari berbagai aspek dari budaya pop, kebanyakan dari tahun 1950 dan 1960an. Penyanyi ini mendiskripsikan dirinya sebagai "self-styled" Nancy Sinatra. Del Rey mendapatkan pengaruh dari master di setiap genre seperti Elvis Presley, Amy Winehouse, Janis Joplin, Nirvana, Eminem, Bruce Springsteen, dan Britney Spears.

Kehidupan dan Karier
1986-2004: Awal kehidupan
Lana Del Rey lahir dengan nama Elizabeth Woolridge Grant di New York City pada tanggal 21 Juni 1986. Ayahnya bernama Rob Grant dan ibunya bernama Pat Grant. Dia berasal dari keturunan Skotlandia, Del Rey tumbuh dan besar di Lake Placid, New York hingga ia berumur 15 tahun, saat ia dikirim ke Kent School, sebuah sekolah berasrama di Connecticut selama tiga tahun. Sekitar umur 18 tahun, ia pergi ke Bronx untuk melanjutkan ke Fordham University, mempelajari cabang dari filosofi yang bernama metafisika karena "ini adalah jembatan antara Tuhan dan ilmu pengetahuan. Saya tertarik dengan Tuhan dan bagaimana teknologi bisa membawa kita lebih dekat untuk menemukan dari mana kita berasal dan kenapa" katanya, "dari situlah pengalaman musik saya dimulai. Saya seperti menemukan orang-orang ini untukku." Dia tinggal di Bronx selama empat tahun dan Brooklyn untuk empat tahun selanjutnya.
 
Saat Del Rey masih kecil, dia mulai bernyanyi di kelompok paduan suara gereja. Setelah pamannya mengajarkan bagaimana memainkan gitar, ia "tersadar kalau ia bisa menulis jutaan lagu dengan enam kunci gitar tersebut," dan dia mulai tampil di klub malam di sekitar kota dengan berbagai macam nama seperti "Sparkle Jump Rope Queen" dan "Lizzy Grant dan Fenomena". "Aku selalu bernyanyi tapi tidak pernah merencanakan untuk serius di bidang ini. Saat aku berada di New York City pada saat berumur 18 tahun, aku mulai bermain di klub di Brooklyn—aku mempunyai teman-teman yang baik dan penggemar yang penuh dengan dukungan, tapi kami bermain untuk masing-masing pada saat itu—dan begitulah," ungkapnya.

2005-10: Awal karier
Antara tahun 2005 dan 2006, album Sirens direkam dengan nama "May Jailer". Pada saat berumur 20 tahun, Del Rey menandatangani kontrak rekaman seharga $10,000 dan pindah ke Manhattan Mobile Home Park. "Gelandangan, narkoba dan rehabilitasi alkohol—menjadi kehidupanku selama lima tahun," jelasnya kepada majalah Vogue UK pada tahun 2012. Felicia Sullivan dari The Huffington Post berbicara dengan Del Rey setelah perilisan "Kill Kill" tentang kehidupannya di tempat baru.

Pada tahun 2006, Del Rey telah melakukan 18 pertunjukan langsung, semuanya di New York City. Dia tampil di Makor empat kali (17 April, 1 dan 15 Mei dan 16 Juni). Pada tanggal 22 Juni dia adalah bagian dari 58th Songwriters Hall of Fame New Writers Showcase di The Cutting Room. Dia tampil di Sin-é pada tanggal 22 Juli. Del Rey juga berpartisipasi di CATHARSIS di the Cattyshack pada tanggal 11 September. Besoknya, dia tampil di Laila Lounge. Dia berpartisipasi di kompetisi menulis lagi di The Lucky Cat pada tanggal 15 September dan terpilih sebagai semi-finalis. Dua hari kemudian dia tampil di Rodrigue's, sebuah kedai kopi di kampus Fordham University. Del Rey berpartisipasi lagi di semi-final kompetisi menulis lagu di Galapagos Art Space pada tanggal 21 September. Selanjutnya dia berpartisipasi di kompetisi yang sama di North Six tapi tidak memenangkannya. Dia tampil di bar a169 pada tanggal 27 September. Pada tanggal 14 Oktober, Del Rey tampil di The Loveseat Collective. Dia tampil di Pianos 3 hari kemudian. Pada tanggal 15 November, dia tampil di Laila Lounge. Selanjutnya, dia tampil di Galapagos Art Space. Dia tampil di kafe Sidewalk pada tanggal 29 November.

Beberapa tahun kemudian, Del Rey mendapatkan kontrak rekaman di 5 Point Records, sebuah label milik produser David Kahne, tempat di mana dirilisnya Kill Kill pada bulan Oktober 2008 dan album pada tahun 2010 berjudul Lana Del Rey a.k.a. Lizzy Grant. Dia menjelaskan bahwa "David memintaku untuk bekerja dengannya sehari setelah dia mendapatkan demoku. Dia diketahui sebagai produser yang penuh dengan integritas dan tertarik untuk membuat musik yang bukan hanya berjenis pop." Del Rey akhirnya merilis album studio pertamanya bertajuk "Lana Del Rey a.k.a. Lizzy Grant pada Januari 2010. Itu adalah album profesional pertamanya, dirilis dengan nama Lizzy Grant yang diproduseri David Kahne. Ayahnya, Robert Grant membantu pemasaran album. Tentang pemilihan nama panggung dia berkata: "...aku pergi ke Miami, berbicara bahasa Spanyol dengan teman-temanku yang berasal dari Kuba" Dia bilang bahwa pengacara dan managernya yang membuat nama Lana Del Rey dan memintanya untuk memakai nama itu untuk nama panggung.

2011-12: Born to Die dan Paradise
Setelah mengupload beberapa singlenya di channel YouTube kepunyaannya, Del Rey menandatangani kontrak dengan Stranger Records untuk merilis single debutnya "Video Games". Dia berkata pada The Observer, "aku hanya menaruh lagu itu secara online beberapa bulan yang lalu karena lagu tersebut merupakan favoritku. Jujur saja, lagu tersebut bukanlah sebuah single selanjutnya namun masyarakat merespon dengan bagus." Lagu tersebut meraih penghargaan "Next Big Thing" oleh Q Award pada bulan Oktober 2011 dan "Best Contemporary Song" oleh Ivor Novello pada tahun 2012. Pada bulan yang sama, dia menandatangani kontrak dengan Interscope Records dan Polydor untuk album keduanya Born to Die. Del Rey juga membawakan dua lagu dari albumnya di Saturday Night Live pada tanggal 14 Januari 2012 dan menerima respon negatif dari kritikus dan masyarakat umum. Del Rey membela dirinya di program tersebut dengan mengatakan: "Saya adalah musisi yang baik. Saya sudah menyanyi sejak dulu, dan saya pikir Lorne Michaels mengetahui hal itu".

Born to Die dirilis secara resmi pada tanggal 31 Januari 2012 di seluruh dunia dan meraih peringkat 1 di 11 negara. Born to Die terjual 3.4 juta kopi pada tahun 2012, membuatnya menjadi penjualan album terbaik nomor 5 pada tahun 2012.

Pada saat wawancara dengan RTVE pada tanggal 15 Juni 2012, Del Rey mengumumkan bahwa dirinya tengah mengerjakan album baru dan lima lagu diantaranya telah ditulis, seperti "Young and Beautiful" dan "In the Land of Gods and Monsters" dan satu judul lainnya "I Sing the Body Electric". Pada saat wawancara dengan Tim Blackwell untuk Nova Fm di Melbourne, Australia, Del Rey menambahkan kalau bulan November nanti bukanlah perilisan album terbarunya, tapi lebih seperti sebuah EP yang ia jelaskan sebagai the Paradise Edition dari album Born to Die. Del Rey juga menjelaskan perilisan baru ini akan mempunyai tujuh lagu baru. Pengumuman resmi dari single pertama Paradise terjadi pada pertengah September yang berjudul "Ride". Video klip untuk lagu tersebut mengambil setting di are metropolitan Las Vegas. Dua hari kemudian video klip "Blue Velvet" juga dirilis. Video klip "Ride" dipremierkan di Aero Theatre di Santa Monica, California pada tanggal 10 Oktober.

Pada MTV Europe Music Awards 2012, Del Rey menerima nominasi di kategori Best Alternative, Best Push, dan Best New Act. Ia memenangkan Best Alternative. Del Rey membacakan pemenang penghargaan Best Female untuk Taylor Swift.

2013: Tropico dan studio album ketiga
Pada saat BRIT Awards 2013, dia memenangkan penghargaan International Female Solo Artist, membuatnya menjadi penghargaan kedua yang didapat di BRIT Awards. Dia sedang mengerjakan albumnya yang ketiga. "Aku mengerjakannya dengan santai tapi aku menyukai semua apa yang telah kuperbuat. Aku menulis di Santa Monica dan aku tahu bagaimana rekamannya. Sekarang aku tinggal menyelesaikannya." Katanya. Dia menyebutkan salah satu dari lagunya akan disebut "Black Beauty", dan dia sudah mengetahui akan bagaimana bentuk video klipnya kelak.

Single ketujuh Del Rey, "Dark Paradise" telah dirilis sebagai sebuah single di Jerman, Austria dan Swiss pada tanggal 1 Maret 2013. Del Rey memenangkan penghargaan Best International Newcomer dan Best International Pop/Rock Artist oleh ECHO Awards pada tanggal 21 Maret 2013. Video klip untuk lagu Leonard Cohen, "Hotel Chelsea #2" yang dibawakan Del Rey telah dirilis pada tanggal 27 Maret 2013. Selanjutnya, pada April 2013, video buatan sendiri dirilis; menampilkan Del Rey dan kekasihnya, Barrie-James O'Neill, membawakan lagu "Summer Wine" kepunyaan Lee Hazlewood.

Video klip resmi "Young and Beautiful" dirilis pada tanggal 10 Mei 2013. Del Rey juga berencana akan mengeluarkan film pendek berjudul Tropico yang berisi lagu "Bel Air", "Body Electric", "Gods and Monsters". "Tropico" difilmkan pada akhir Juni 2013; disutradai oleh Anthony Mandler yang juga menyutradarai video klip "National Anthem" dan "Ride" kepunyaan Del Rey. Melalui media sosial, Del Rey mempromosikan gambar untuk filmnya seperti gambar Bunda Maria dan saat Del Rey memegang ular dan berpose seperti Eve, ibunda Adam. Di Twitter, Del Rey mengumumkan film tersebut akan dipremierkan di Hollywood Forever Cemetery di Los Angeles dan akan dirilis pada tanggal 5 Desember 2013.

Gaya Bermusik dan kepribadian
Dia telah mendiskripsikan dirinya sebagai "self-styled" Nancy Sinatra dan "Lolita yang tersesat di hutan"[18] dan musiknya telah ditandai dengan suara sinematiknya dan sumber dari berbagai macam aspek dari pop kultur, kebanyakan dari tahun 1950 dan 1960-an Americana. Terlahir sebagai Lizzy Grant, Del Rey mempunyai berbagai macam nama panggung, seperti Lana Rey Del Mar, Sparkle Jump Rope Queen, dan May Jailer. Berakhir di Lana Del Rey, penyanyi ini mengklaim kalau dia memilih nama tersebut karena nama itu begitu indah.

Dengan nama panggung Lizzy Grant, dia menyebut musiknya "Hawaiian glam metal", sedangkan proyek May Jailer adalah akustik.

Secara lirik, "Born to Die" mendeskripsikan kesedihan di dalamnya. Namun Del Rey berkata "aku tidak sedih, aku bahagia. Aku bahagia karena aku merasa aku berada di kedamaian. Menemukan cinta sejati adalah sesuatu yang menginspirasiku, secara lirik. Karena aku merasa sama di kehidupanku dan saat kamu menemukan seseorang yang menarik, kamu tidak tahu kalau kamu benar-benar bisa merasakan perbedaan dari apa yang kamu lakukan sebelumnya. Aku terinspirasi." Del Rey menulis sendiri liriknya, menggambar berbagai macam pengalaman yang dimilikinya selama tinggal di New York City dan dia menganggap liriknya "terdengar seperti cerita".
 
David Lynch memberikan komentar positif kepada Del Rey, berkata "Lana Del Rey, dia memiliki karisma yang fantastik dan ini adalah hal yang sangat menarik perhatian. Dan aku tidak tahu kalau dia terpengaruh denganku!" Untuk lagu seperti "Video Games", "Blue Jeans", "Kill Kill", dan "Carmen", Del Rey memproduseri sendiri pembuatan video klipnya.

Walaupun disutradarai oleh Yoann Lemoine, konsep video klip "Born to Die" juga ditulis oleh Lana Del Rey. Lemoine mengambil konsep Del Rey dan mengerjakan ulang hingga menjadi sesuatu yang hebat. Pada saat perhelatan Independent Music Awards, "Video Games" dinomaniskan untuk "Favorite International Video of the Year". Pada saat UK Music Video Awards, Del Rey memenangkan "Best Pop Video - International" untuk "Born to Die" dengan "Blue Jeans" dan "National Anthem" juga masuk di dalam nominasi di kategori yang sama; malam itu, "Blue Jeans" juga dinominasikan untuk "Best Cinematography in a Video" dan "National Anthem" di "Best Styling in a Video".

Kehidupan Pribadi
Del Rey mengakui bahwa dia selamat dari ketergantungan alkohol. Saat dia berumur 15 tahun, dia dikirim ke Kent School, sebuah sekolah berasrama di Connecticut selama 3 tahun untuk mendapatkan ketenangan. Pada bulan September 2012, dia menjelaskan pada majalah GQ:
 
Aku peminum yang hebat saat itu. Aku akan minum setiap hari. Aku akan minum sendirian. Aku pikir konsep seluruhnya sangat keren. Hal yang aku tulis di Born to Die adalah tentang tahun-tahun yang seperti hutan rimba ini. Saat aku menulis tentang hal-hal yang hiland dari hidupku aku merasa aku menulis tentang alkohol karena itu adalah cinta pertamaku di hidup ini. Orang tuaku sangat cemas, aku pun begitu. Aku tahu itu adalah sebuah masalah saat aku menyukai alkohol melebihi apapun. Aku seperti "aku kacau. Aku sangat kacau.". Seperti, awalnya ini baik dan kamu berpikir kamu mempunyai sisi yang gelap - ini menarik - lalu kamu menyadari sisi gelapnya menang setiap kali kamu memutuskan untuk memuaskan diri tanpa sisi tersebut. Ini juga benar-benar jalan hidup yang berbeda saat kamu tahu kalau kamu adalah...orang yang spesiesnya berbeda. Ini adalah hal yang paling buruk yang pernah terjadi di hidupku.

Tangan kiri Del Rey terdapat tato dengan huruf "M", menjurus kepada neneknya, Madeleine dan kata "paradise". Tangan kanannya terdapat tato "trust no one". Dan juga "die young" terdapat di jari manis bagian kanannya. Dia diberitakan menjalin hubungan dengan Barrie-James O'Neill sejak bulan Agustus 2011. Del Rey mempunyai 2 apartemen, satu di New York City dan satu lagi di Los Angeles, tempat di mana dia tinggal bersama saudaranya. Del Rey adalah seorang penganut Katolik Roma. Dia adalah penggemar tim sepak bola Liga Utama Inggris Liverpool F.C. dan dan Liga Utama Skotlandia Celtic.


No Responses to "Profil dan Biodata Lana Del Rey "

Poskan Komentar