Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
About me | Kontak | Profile | Event | Donasi | Sitemap

BerryBenka

Home » » Apa Itu Ping dan Backlink?

Apa Itu Ping dan Backlink?

Ping (kadang kala disebut sebagai singkatan dari Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.

Sebelum berbicara lebih lanjut tentang "Ping", Saya ingin bertanya terlebih dahulu. Biasanya setelah mengupdate blog/memposting artikel terbaru, apa yang anda lakukan agar Search Engine tahu bahwa anda baru saja memposting artikel terbaru? Apakah anda mempromosikannya ke beberapa social bookmark atau melalui komentar-komentar pada blog-blog lain lalu anda memasang link halaman artikel yang baru saja anda posting? Memang hal ini bagus dilakukan tapi apakah tidak capek capek? Apalagi bila hal ini terus menerus dilakukan setiap memposting artikel terbaru. Bener-bener capek deh.

Meski sebenarnya secara otomatis tanpa promosi sekalipun Search Engine akan meng-crawl blog anda bila terdapat artikel terbaru apalagi orisinil dan unik Search Engine pasti sangat senang. Namun di tengah begitu banyaknya blog tentu saja kita harus proaktif, jangan menunggu, ya kan? Lebih cepat lebih baik.

Nah, disinilah fungsinya “Ping” yaitu memberi informasi kepada Search Engine bahwa kita baru saja mengupdate blog. Tapi ada tapinya nih. Sebaiknya “Ping” dilakukan seminggu sekali atau 3 hari sekali ini juga bila anda sudah mengupdate blog. Karena kalau terlalu sering bisa-bisa Search Engine menganggap blog anda sebagai “Spammer”.

Cara melakukan “Ping”

Contoh, kita menggunakan “Ping service” Pingomatic.com . Selanjutnya anda mengisi data yaitu judul blog dan alamat URL blog anda, lalu contreng pada bagian “Check all” yang berarti “Ping” ke semua Search Engine. Tunggu proses “ping” sedang berlangsung. Bila sudah selesai berarti update blog anda sudah sukses terdeteksi oleh Search Engine yang terdaftar pada situs “Ping Service” tersebut. Praktis kan?

Beberapa situs “Ping Service” yang bisa anda gunakan:

1. Pingoat

2. totalping

3. pingomatic

Catatan :
Bila anda pernah melakukan “Ping” kemudian anda lupa lantas “Ping” lagi pada hari yang sama. Secara otomatis Pingomatic akan menjawab dengan kalimat seperti ini “Slow Down Cowboy…” (Jawaban dari Pingomatic.com yang biasa saya gunakan). Ini berarti anda dianggap terburu nafsu, ga sabar. Hehe...kalau sudah begini, lebih baik tunggu saja, anda ”ping” lagi 2 sampai 3 hari lagi.

Pengertian Backlink

Backlink adalah sebuah link atau teks yang berada di situs lain atau situs kita sendiri yang jika kita klik maka akan menuju ke suatu halaman lainnya dan ini disebut backlink untuk halaman yang dituju tersebut. Teks dari link ini biasanya berupa anchor text atau teks singkat yang biasanya adalah kata kunci dari halaman tujuan tersebut.

Fungsi Backlink

Fungsi backlink sangat penting untuk meningkatkan popularitas suatu situs atau biasa dikenal dengan pagerank yang jadi sebuah ukuran otoritas dan pentingnya situs tersebut terutama oleh mesin pencari seperti Google.
Jumlah backlink menggambarkan populernya dan pentingnya suatu situs di dunia internet. Semakin besar jumlah backlink suatu situs, maka semakin populer dan penting keberadaan maupun konten dari situs tersebut.

3 cara gratis membuat backlink: 

•    berkomentarlah di blog dofollow. Search saja di google dengan format “daftar blog do follow” pasti ada. Jangan lupa menuliskan link website kamu.
•    Iklan di situs iklan yang pengunjung atau pemasang iklannya keterlaluan. Contohnya: iklanhouse.com
•    Tukeran link dengan blogger lain. Tapi ingat, usahakan untuk memilih blogroll yang berada di sidebar atau footer. Kalau di postingan atau menu tab link kamu mau ya nggak papa.

Oke mungkin itu aja dulu, silakan yang mau coba tips yang udah saya praktekkin. lumayan sih, nambah2 rangking Alexa.

1 Responses to "Apa Itu Ping dan Backlink?"

MiVa Corporation said...
[reply]

terima kasih infonya gan, monggo mampir ke blog kami gan. blog.sabunlulur.com

Poskan Komentar